Sunday, February 14, 2010

Permainan Dakon

Hai kawan kawan, gimana kabar kalian hari ini? sehat, trus gimana kabar kakak, ayah dan ibu, baik saja kan. Aku harap semuanya sedang dalam kondisi yang menyenangkan yah :). Kali ini aku pengin cerita tentang permainan permainan yang menarik buat kalian. Kali ini aku bakal bercerita tentang permainan Dakon. Ada yang tahu permainan Dakon. Yah, ternyata tidak banyak yang tahu, maklum permainan dakon ini adalah permainan jaman kakak kakak kita dulu. Sekarang kan permainan adanya di TimeZone ya kan he he.

Cara Bermain Dakon
Baiklah kita kembali ke permainan Dakon teman teman. Dakon adalah sebuah permainan yang menyenangkan. Ada dua alat yang dibutuhkan untuk memainkan dakon, yaitu papan dakon/congklak yang memiliki 16 lubang, masing-masing 7 lubang di depan dan belakang dan dan 1 lubang di pojok kanan dan kiri serta biji sawo. Bisa juga lho kalo gak ada biji sawo, pakai biji salak, batu kecil dll.


Inti permainannya adalah mengumpulkan biji sawo di lubang pojok yang menjadi milik kita. Menang atau kalah ditentukan dari banyaknya biji yang berhasil dikumpulkan. Sebelum bermain, teman teman harus melakukan ping sut dulu untuk menentukan siapa yang bermain lebih dulu. Setelah itu, biji sawo yang berjumlah 98 disebar dalam setiap lubang di papan dakon, kecuali lubang di pojok kanan dan kiri. Jadi, setiap lubang berisi 7 biji sawo dan setiap peserta memiliki 49 biji sawo yang tersebar di 7 lubang yang ada di depannya. Permainan dimulai dengan mengambil seluruh biji di satu lubang dan menyebarnya satu per satu di lubang lain secara urut.

Untuk menyebar biji, ada beberapa aturan. Biji yang diambil dari satu lubang, dimasukkan ke lubang berikutnya satu per satu secara urut, termasuk ke lubang lawan. Jika melewati lubang pojok yang menjadi milik kita, maka satu biji yang kita genggam ditaruh di sana. Tapi, jika melewati lubang pojok milik lawan, kita tidak boleh menaruh biji sawo di dalamnya. Sebabnya, tentu saja agar jumlah biji sawo milik lawan tak bertambah banyak.


Mau menang? Ada beberapa triknya teman teman. Misalnya, sebelum bermain, peserta memilih dahulu biji pada lubang mana yang akan disebar. Tujuannya agar biji terakhir dari kumpulan biji yang disebar bisa jatuh di lubang yang kosong. Kalau biji jatuh di lubang yang kosong,  teman teman bisa mikul/nembak. Dan, bila berhasil, akan semakin banyak biji yang terkumpul di lubang pojok milik teman teman, sehingga bisa memenangkan permainan.

Mikul/ Nembak
Untuk bisa mikul atau nembak, ada syaratnya. Mikul atau memikul bisa dilakukan bila biji terakhir yang disebar jatuh ke lubang kosong milik lawan, jadi teman teman bisa mengambil biji yang berada di kanan dan kiri lubang kosong itu untuk ditaruh di lubang pojok milik anda. Sementara nembak atau menembak, bisa dilakukan bila biji terakhir yang disebar jatuh ke lubang kosong milik teman teman, sehingga bisa mengambil biji di lubang lawan yang ada di seberang lubang kosong milik teman teman.

Wah bingung ya, kalo cuma baca ajah, bilang deh sama ayah ibu, untuk dibelikan permainan dakon, dan sekaligus minta diajari. Trus mulai deh main dakon sama teman teman, kakak atau ayah ibu. Selamat bermain dakon teman teman :).

Sumber :
Gambar :

1 comments:

Ayu Indriyani said...

Main game dapet PS4, Kapan lagi? Buruan deh download nih game, ga bakal nyesel. Jgn lupa pake kode pin angpao ini yaa ;)) http://id.luckytablegame.com/envelope.aspx?code=8243222784&name=Andy&t=facebook

Post a Comment